Definisi Multimedia Interaktif
Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone, 2005/2006).
Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
-Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
-Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
-Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
-Multimedia sebagai perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
-Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
-Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
-Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses-proses selanjutnya. Pengguna akan mendapatkan informasi atau umpan balik sesuai dengan aksi atau navigasi yang dipilih, informasi tersebut menggunakan berbagai bentuk format data seperti teks, gambar, audio, video, simulasi dan lain-lain. Indikator kelayakan bahan ajar multimedia interaktif dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek aspek materi, aspek pembelajaran, aspek Media.. Aspek media meliputi aspek interface, aspek navigasi, aspek daya tahan.
CONTOH-CONTOH MULTIMEDIA INTERAKTIF
a. Robot
Robot diciptakan dan didisain manusia, untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu dalam meringankan pekerjaan-pekerjaan manusia. Bekerjanya robot atas dasar perintah-perintah dari manusia. Jika manusia bekerja atas dasar perintah-perintah, maka manusia tersebut tak ubahnya seperti robot, dan matilah kreatifitas!. Hidup adalah pilihan, kita harus berani memilih, dari sekian banyak pilihan. Masing-masing pilihan, memiliki konsekuensi yang harus kita hadapi. Di era serba teknologi, kita dihadapkan berbagai pilihan pada teknologi yang tumbuh, dan terus berkembang. Dalam menyikapi perkembangan teknologi, kita seperti pemain bola. Jika Anda sebagai pemain, mau mengejar bola?, atau menunggu bola?, siapa cepat pasti dapat!. Hadirnya teknologi untuk dipelajari, dan untuk memecahkan permasalahan yang kita hadapi.
Menggunakan metode ceramah dalam proses belajar mengajar, sulitnya menyampaikan pesan secara verbal, pada fenomena alam yang terjadi di sekeliling kita. Misalnya penyerbukan (Polination). Sedangkan media yang ada tidak cukup untuk menjelaskan. Hal tersebut dapat berakibat perbedaan persepsi terhadap peserta didik. Berikut ini adalah contoh yang Anda dapat kembangkan lebih lanjut pada mata pelajaran biologi dan fisika. Panduan telah dilengkapi dalam bentuk file .PDF dalam file .ZIP. Program menggunakan dapat dikembangkan menggunakan Macromedia Flash, Adobe Flash CS 3, CS 4, atau CS 5.5 (penggunaan aplikasi tersebut bukan satu-satunya), bagi pemula disarankan bersinergi dengan orang ICT, untuk pengembangan dan pemrograman (coding). Mohon untuk mengisi pesan. Contoh berikut ini, menggunakan konsep Interaksi Manusia Komputer (IMK)/Human computer Interaction (HCI). Siswa berdialog dengan komputer dengan cara memasukkan nama menggunakan keyboard dan mouse (jari jika touchscreen). Selanjutnya komputer akan merespon siswa, dan memandu siswa.
b. Penyerbukan pada bunga
Contoh aplikasi penyerbukan pada bunga. Untuk membuat aplikasi ini yang harus Anda pahami adalah, pahami anatomi bunga hingga sekecil apapun. Selanjutnya idetifikasi anatomi tersebut, kemudian buat aplikasinya. Silakan coba aplikasi tersebut dengan mengisi nama Anda terlebih dahulu.
c. Usaha oleh gaya
Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif sederhana, menjelaskan rumus usaha oleh gaya dengan sudut theta. Dengan mengisi angka, untuk besar gaya pada mobil, mengubah gain untuk mendapakan nilai sudut theta, dan untuk waktu.
d. Energi potensial gravitasi
Contoh berikut ini, bagaimana membuat aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif sederhana, yang dapat menjelaskan rumus Energi Potensial Grafitasi. Misalnya pada saat Anda menjelaskan Energi Potensial Grafitasi, di depan kelas dengan menjatuhkan benda pada ketinggian tertentu, Anda dapat melakukannya. Akan tetapi dalam batasan tertentu, misalnya jika ketinggian sudah melampaui tinggi badan Anda dan dengan massa benda yang dapat berubah-ubah maka akan sulit dijelaskan.
e. Aritmatematika perkalian (Untuk SD)
Contoh berikut ini, untuk aritmatika perkalian. Perkalian ini membatasi hanya nilai tertentu. Anda dapat mengembangkan lebih lanjut.
f. Mengenal Huruf Untuk Anak usia Dini
Berikut ini 2 contoh, contoh pertama adalah mengintegrasikan komponen media yang terdiri dari teks, grafik, audio. Dan contoh yang kedua multimedia ditambah video.
Sumber
http://multimediavidda.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-multimedia-interaktif.html
http://pcahyono.blogspot.co.id/p/pengembangan.html
Komentar
Posting Komentar